Jumat, 01 Agustus 2008

Keajaiban dalam Hidup

Solo, 1 Agustus 2008
Pernah, nggak, merasakan seusuatu yang ‘ajaib’ dalam hidup? Ini nggak ada hubungannya sama klenik, atau yang berbau sihir, tapi sesuatu yang nggak pernah kebayang sebelumnya, dan akirnya terjadi. Pastinya ini menyangkut hal2 yang positif, lah. Kenapa tiba2 gue tanya kayak gini? Karena di blog ini gue mau berbagi cerita tentang hal yang menurut gue diluar nalar. Dan dalam hal ini gue sangat menayadari bahwa Allah itu berperan besar dalam hidup.
Keajaiban pertama datang sekitar dua tahun yang lalu. Waktu itu gue mau pulang kampung buat ngerayain Lebaran. Sebelum pulang, nyokap gue bilang kalau gue harus sedia minimal 200 ribu di dompet. Uang segitu buat jaga2 kalau ada apa2 selama perjalanan naik kereta.
Malam waktu packing, gue udah persiapan 250 ribu, yang hanya gue pakai buat besok, selama di kereta. Ditengah-tengah gue mengepak baju, tiba2 temen gue dateng ke kamar. Dia bilang mau pinjem duit 100 ribu, karena dia telat dapet kiriman dari ortunya. Waduh, gue bingung banget waktu itu. Kalau gue pinjemin, duit gue tinggal 150 ribu, kurang 50 untuk sekedar duit ‘aman’ di kereta; tapi kalau nggak dipinjemin, kasihan juga, lagian dia temen gue, masak tega, sih? Setelah gue pikir2 lagi, akhirnya gue putuskan untuk minjemin 100 ribu itu ke dia. Pikir gue waktu itu, ya udahlah emang gue mau pakai berapa, sih, di kereta? Nggak mungkin, kan, misalnya gue makan di kereta habis 200 ribu?
Keretanya berangkat pagi, makanya sehari sebelumnya gue nginep dulu di rumah tante gue. Ini karena Om gue kantornya deket Gambir, jadi besok pagi gue bisa berangkat bareng. Malemnya, temennya Om gue dateng. Dan gue sama dua sepupu gue diajak jalan2. Dasarnya temennya Om gue ini tajir banget, gue dan adik2 gue itu sempet ditraktir dan dibeliin macem2 (salah satunya gantungan hp yang akhirnya gue pake buat gantungan falshdisk). Sebelum pulang ke rumah tante gue, si temennya Om gue lagi-lagi baik (gue sampe mikir mungkin saking tajirnya, duit jadi dibuang-buang), ngasih duit. Awalnya gue nggak terlalu perhatian sama jumlahnya, secara itu duit 5000-an semua, langsung aja masukin ke dompet. Gue baru ngitung ketika sampai di rumah tante gue, dan dengan kaget gue baru tahu kalau duit itu jumlahnya 100 ribu!
Gue sampai bengong, nggak percaya. Dengan tambahan duit ini, jumlah duit gue jadi 250 ribu, seperti sebelum gue minjemin temen gue itu. Ajaib, kan? Apalagi yang bisa gue bilang, kecuali “Alhamdulillah”?
Keajaiban kedua terjadi waktu gue berangkat kuliah, sekitar tiga bulan yang lalu. Nggak tahu perbuatan baik apa yang udah gue lakuin, tapi memang gue menyadari kalau Allah baik banget. Dia selalu membalas apa yang telah dilakukan umat-Nya dengan cara yang nggak terduga.
Waktu itu gue berangkat ke kampus, seperti biasa, lewat Barel. Untuk keluar Barel ada jalan kecil yang make tangga tiga. Bayangin aja ketika keluar pintu, di depan lo ada lantai bersusun tiga, yang pendek. Itulah kira2 gambaran jalan kecil di Barel yang gue lewati tiap pagi. Mungkin karena gue kecapekan, atau dasarnya gue emang ceroboh, gue terpeleset. Dan gue menyadari kalau kaki gue keseleo! Jangankan buat jalan, berdiri aja sakit banget. Tapi karena gue nggak mungkin nelpon tukang pijet jam segitu, akhirnya gue mikir, “ya udahlah, terpaksa jalan pincang”.
Di saat kritis kayak gitu, ‘bala bantuan’ datang. Dan bantuan ini dateng dari tukang ojek! Jadi ada sekitar empat atau lima ojek yang mangkal di Barel. Dan salah satu abang ojek itu ngebantuin gue, dengan cara kaki gue diurut. Awalnya gue sempet takut. Namanya juga tukang ojek, bisa aja, kan, ngambil kesempatan dalam kesempitan. Cuman semua rasa parno itu ilang, karena gue beneran diurut. Bener2 nggak ada ‘hal2 yang tidak diinginkan’, deh, pokonya. Selama diurut itu emang banyak orang yang lewat situ, ngeliatin. Mungkin pikir mereka gue agak ‘gimana’ gitu, mau aja diurut ama abang ojek. Tapi gue cuek aja. Toh, akhirnya keseleo gue sembuh! Tinggal bekas bengkaknya doang. Gue bisa berdiri dan nggak perlu terpincang-pincang lagi. Gue akhirnya ngasih 10.000 ke abang ojek yang ngurut gue itu, sebagai ungkapan terima kasih.

Gue yakin ada banyak keajaiban dalam hidup gue, tapi dua hal itu yang paling gue inget, setidaknya sampai sekarang. Ini karena dua keajaiban itu membuat gue berpikir bahwa memang Allah atau Tuhan nggak pernah tidur. Gue semakin menyadari, rezeki itu bisa datang kapan saja. Rezeki nggak harus berbentuk uang, tapi rezeki adalah sesuatu yang ada, yang dateng ke kita saat kita membutuhkan itu. Mungkin diurut sama tukang ojek dianggap hal remeh, tapi tanpa kuasa Allah yang mendadak mendatangkan abang ojek itu, gue bakal jalan terpincang-pincang ke kampus. Atas dua cerita ‘ajaib’ di atas gue cuman bisa ngucap syukur, dan bilang “Alhamdulillah”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar