Minggu, 12 Juli 2009

Balada Warnet Lemot

Suatu kali saya lagi ngebet banget ke warnet (as usual, kangen buka FB). Karena males ke warnet langganan (males jalan agak jauh), saya memutuskan untuk nyari warnet deket-deket tempat saya jalan saat itu. Saya inget, ada satu warnet yang dulu sempet jadi favorit saya (tapi sekarang udah tergantikan dengan yang lain). Kebetulan warnet itu memang nggak jauh. Maka berangkatlah saya ke sana.
Mantan warnet langganan saya itu ternyata nggak berubah. Masih sempit, dengan billing box yang bikin kaki kesemutan (karena kecil), dan komputer yang jadul (plus keyboard yang huruf-hurufnya udah banyak yang ‘ilang’). Nggak apa-apa lah. Toh, dulu saya suka warnet ini karena aksesnya cepet, ada anti-virus di setiap komputernya yang bisa di-update sendiri, dan dowload-nya pun cepet. Apalagi sekarang harganya lebih murah Rp 1.000. Makin seneng lah saya!
Pertama yang dibuka adalah Mozilla Firefox. Biasanya kalo udah buka ini, bakal keluar kotak pencari Mozilla, atau Google. Tapi saya liat, kok, nggak keluar-keluar. Dalam hati saya udah mikir warnet ini mulai ‘nggak beres’.
Karena nggak betah nunggu terlalu lama, langsung aja saya masukkin alamat web-nya. Ini sekalian sebagai ‘pemancing’, siapa tau Mozilla-nya lemot, tapi giliran bukan web jadi cepet. Seperti biasa web wajib saya adalah Facebook.
Apa yang terjadi? Teryata jalannya internet menjadi semakin lambat! Saya coba klik “New Tab”, dan buka situs yang ‘biasa’ aja (Google), sekedar untuk nge-cek kecepatan akses. Ternyata tetep aja lemot! Bahkan dua kali lebih lemot! Astaghfirullah……..Mantan warnet langganan saya ini teryata jadi super duper payah begini.
Akhirnya kesabaran saya habis juga. Saya meutuskan untuk pindah ke warnet langganan saya. Yah, meskipun musti jalan agak jauh, setidaknya aksesnya nggak lemot. Sebelum pergi, saya liat dulu bayar-nya. Masih 1000, nggak banyak-banyak amat.
Ketika saya membayar warnet, penjaga warnet tanya ke saya,
“Mbak, kok, udahan? Udah selesai, ya?” tanya si Mbak Penjaga Warnet.
“Iya, udah selesai.”
“Jalannya lemot, ya, Mbak?”
Dalam hati saya bilang, iya. Tapi saya nggak tega, akhirnya saya white lie aja (kayaknya ini bukan white lie, tapi black lie, karena menyesatkan). “Enggak, kok. Emang udah selesai.”
Saya pun keluar dari warnet itu. Sambil jalan menuju warnet langganan, saya menyesal kenapa nggak langsung bilang kalau warnetnya emang lemot parah. Kenapa musti bohong? Toh itu bisa jadi ‘evaluasi’ buat warnetnya biar aksesnya dicanggihkan lagi. Bisa jadi harga warnet diturunkan 1000 karena memang koneksinya makin turun juga.
Okelah, kejadian itu udah berlalu. Sekarang warnet itu udah tutup (beneran, lho). Mungkin makin lemot aksesnya, jadi makin dikit orang yang mau ke situ. Padahal harganya termasuk paling murah di antara warnet-warnet lain.
Problem dengan another lemot saya temukan juga di sebuah warnet yang murah (Harga Memang Nggak Bohong. Ya, kan?). Ini bahkan lebih parah, karena flashdisk saya ikutan rusak. Setelah nge-net dan download sampai habis sekitar 6000, saya akhirnya harus kecewa karena hasil download itu nggak bisa dibaca! Entah kenapa FD saya nggak bisa dibaca komputer mana pun! Oh God…………
Cerita kakak sepupu saya lebih seru lagi. Pernah suatu kali dia ke warnet. Sialnya warnet itu lemotnya minta ampun. Merasa emosi, kakak saya pengen segera pergi dari warnet itu. Tapi dobel sial buat dia, warnet lemot itu menetapkan charge langsung satu jam! Jadi bukan per menit atau per lima belas menit. Wah, warnet model begini, nih, yang ‘pinter’. Mungkin nyadar kali, ya, kalau koneksinya ancur parah, jadinya sengaja ‘nyolong’ charge gitu. Yah, terpaksa, deh, kakak saya bayar buat satu jam, padahal mainnya cuman sepuluh menit.
Paling gila adalah warnet double atau malah triple looser. Biasanya warnet begini nggak cuman lemot, tapi juga banyak virus. Lebih parah kalau charge-nya mahal, dan susah download. Saya pernah ketemu warnet model begini. Sialnya, saya sedang dikejar deadline untuk ngirim tugas ke temen.
Saya ke warnet yang deket dari tempat saya berdiri saat itu. Sebenernya urusan lemot, nggak parah-parah amat (nggak bisa dibilang cepet juga, sih). Okelah, saya maklum karena daripada saya pindah tempat, waktunya terbuang banyak. Dengan sabar menunggu saya ngirim tugas lewat e-mail dengan attach file. Otomatis FD saya dibuka. Setelah file selesai dikirim, saya pun segera meninggalkan warnet. Sebelum pergi, saya minta tolong penjaga warnet buat scan virus. Ternyata ketika di-scan ada virus-virus yang nggak bisa ilang. Parahnya lagi ketika FD dibuka dokumen saya ilang! God………….Padahal saya musti ngirim satu tugas lagi! Dan deadline-nya jam delapan malam, sementara jam setengah enam sore saya masih di warnet itu. Damn!
Biasanya nasib dari warnet-warnet lemot begini adalah cepet bangkrut. Semurah-murahnya dia, tetep aja orang males ke sana. Karena inti dari intrenet itu, kan, kecepatannya. Kalau lemot, mana mau. Tragedi penutupan warnet lemot begini sudah terbukti pada mantan warnet langganan saya. Dan menimpa satu warnet lagi.
Dulu warnet ini pernah jadi langganan saya waktu SMP. It means, saya baru kenal yang namanya internet di umur segitu, dan pada tahun segitu (2001-an). Awalnya warnet langganan saya itu fasilitasnya keren, koneksinya juga cepet. Yang plus lagi, tempatnya nyaman banget, gede, dan bersih. Kurang apa lagi coba?
Tapi itu dulu, lho. Ketika saya udah SMA (sekitar 2005/2006) warnet gede yang keren itu berubah jadi double looser. Gimana enggak, koneksinya lemot parah, dan komputernya jadul gila! Bahkan CPU-nya masih pake CPU IBM tahun 80-an yang masih ada tempat buat disket super gede itu……Ya ampuuuuuuuuun! Di saat semua orang udah mulai pake FD (belum menjamur seperti sekarang, sih), dia masih berdisket segede Gaban gitu. Waduh!

Itu secuplik kisah-kisah saya tentang warnet-warnet lemot. Warnet looser gini beredar di mana aja, nggak selalu di deket kampus (yang menganut asas ‘harga mahasiswa’), tapi di tengah kota pun banyak yang begitu. Bahkan harga selangit nggak jaminan koneksinya oke. Ada beberapa warnet yang kasih charge mahal cuman buat bayar tempat yang nyaman, tapi urusan koneksi masih sangat ketinggalan. Kalau saya lebih memilih menganut sistem langganan. Jadi kalau udah percaya satu warnet tertentu, mendingan jangan berpindah ke lain hati, kecuali kalau terpaksa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar