Selasa, 14 Juli 2009

Kangen Makanan Solo



Momen pulang kampung adalah saat yang paling ditunggu buat anak rantau seperti saya. Selain bisa ketemu dengan keluarga, juga sekalian rehat dari kuliah (walau nggak otomatis tugas tambah dikit, ya). Saat pulang kampung paling rame adalah saat lebaran (ya, ini, sih, udah pasti). Cuman, buat saya lebaran bukan saat yang paling oke buat pulang. Kenapa? Ya, karena jatah liburnya cuma sebentar (seminggu doang), tiket mahal, dan dapetin tiket pun susahnya minta ampun. Makanya kadang saya suka males pulang kalo lebaran. Tapi berhubung di rantau saudara nggak ada (ada, sih, cuman hubungannya nggak deket), saya jadi ‘terpaksa’ pulang. Apalagi sekarang saya punya temen pulang kampung (tetangga saya), jadinya kalo ‘desek-desekkan’ pas pulang, ada temennya. Lumayan……

Sebenernya ada satu hal yang paling saya tunggu-tunggu pas pulang kampung: makan. Bukan cuman perbaikan gizi, tapi juga berwisata kuliner. Setelah kurang lebih tiga tahun di Depok, saya tetep belum ketemu makanan yang bener-bener ‘mak nyus’. Padahal yang namanya warteg di Depok, tuh, banyak banget. Restoran pun nggak kalah banyak. Tapi tetep lah, Solo paling jago soal kuliner. Sedap banget!
Saya juga heran sebenernya, kenapa masakan di Depok nggak seenak masakan Solo. Apa mungkin saya terbiasa makan makanan yang bumbunya pekat, seperti masakan Solo? Bisa jadi. Atau karena emang dasarnya punya ‘perut Solo’, jadi kalau belum makan makanan Solo nggak manteb rasanya? Itu juga mungkin.
Okelah, back to topik awal, tentang makanan. Saya punya beberapa makanan Solo yang selalu bikin kangen, apalagi kalau pas di Depok. Apa aja?

1. Bebek Goreng Pak Slamet
Ini adalah makanan paling bikin kangen. Sampai sekarang, saya belum ketemu bebek goreng seenak punya Pak Slamet ini (lebay, sih, tapi bener, kok). Dulu si bebek mak-nyus ini cuman buka di daerah ‘asalnya’, yaitu Kartasura (buka mulai pagi, sekitar jam 7-an. Tapi jam 10-an biasanya udah habis). Sekarang Pak Slamet udah buka cabang di Tipes (buka mulai jam5-an sore), di daerah Palur (deket rumah saya. Asiiiiiiik), dan di Galabo (daerah makan-makan di Solo). Bahkan saya pernah dengar kalo bebek legendaris ini juga udah ada di Bandung! Sampai segitu hebohnya, ya, si Bebek ini.
Sekilas bebek goreng ini sama dengan bebek goreng lain. Tapi kalo udah coba rasanya, bakalan jelas bedanya dengan warung bebek goreng yang lain. Dagingnya empuk banget, kulitnya juga tebeeeel, kenyal. Rasa gurihnya itu juga ngeresep sampe ke daging. Buat yang doyan goreng crispy, siap-siap kecewa karena bebek goreng ini emang kurang ‘kriuk’. Cuman memang bukan kriuk-nya yang jadi andalan, melainkan rasa gurihnya.
Kalo keluarga saya lebih sering bawa pulang, nggak makan di tempat. Dan itu pun bebeknya dalam keadaan belum digoreng, artinya digoreng di rumah. Rasanya tetep maknyus, tapi emang lebih enak digoreng di tempat Pak Slamet-nya. Saya denger, sih, yang bikin enak gorengnya adalah minyak yang dipakai, karena pake jelantah. Emang terdengar agak jijik, sih, cuman efek jelantah itu bikin rasa bebeknya makin gurih.
Selain bebek yang enak, rumah makan Pak Slamet ini juga beken karena sambelnya yang nendang banget. Orang Jawa bilang sambelnya ‘sambel korek’. Jadi cabe yang dipake adalah cabe rawit. Yang bikin enak, sambel ini dikasih sedikit minyak jelantah yang dipake buat nggoreng bebek gurih itu. Sambelnya emang lumayan pedes, tapi pedesnya mantab!

2. Tengkleng
Buat orang luar Solo mungkin asing denger nama makanan ini. Wajar, sih, karena setau saya yang namanya tengkleng cuma ada di kota asal saya itu. Biasanya tengkleng rame banget pas Idul Adha. Maklum bahan dasar makanan ini adalah kambing.
Kalau saat Idul Adha daging kambing dibikin sate atau tongseng, jeroan diolah jadi gulai, maka tulang kambing dan sedikit jeroan lain diolah jadi tengkleng. Agak heran, ya, kenapa orang Solo rakus banget sampai tulang aja doyan? Justru di situlah ‘seni’-nya. Tulang-tulang muda dan sedikit jeroan diamasak dengan bumbu (saya nggak ngerti juga, sih, bumbunya apa aja. Yang jelas ada kunyit juga yang bikin kuah jadi kuning gitu) dan tulang keras, dimana biasanya masih ada daging-daging ‘sisa’ yang nempel di tulang keras itu.
Lebih enak kalau dimakan tanpa nasi. Jadi ‘daging’ tengkleng dan kuah dimakan di mangkok. Cara makannya lebih seru kalau pake tangan. Daging yang nempel digigit-gigit, terus kalau ketemu sumsum, tinggal di-sruuuuuuuuuuuuuut, alias disedot. Asyiknya bumbu kuah udah ngeresep sampai tulang dan daging, jadinya ada rasa gurih di dagingnya. Karena bumbu butuh yang ngeresep, masaknya juga cukup lama. Dan bagusnya kalau makan tengkleng bukan langsung ‘fresh from the oven’, tapi tunggu sampai agak dingin, lalu dipanasin lagi. Mak-nyuuuuuuuuuuuuuuus.
Saya udah lama banget nggak makan tengkleng. Maklum, kalau Idul adha nggak pernah pulang kampung. Jadinya saya kangen banget makan tengkleng. Sebenenernya ada, sih, yang jual tengkleng tiap hari (bukan karena even Idul Adha). Katanya yang paling enak di Tengkleng Pasar Klewer. Cuman yang jual buka-nya siang, jadi agak males juga ke Klewer siang bolong (dan membayangkan suasana di Klewer yang begitu rame).

3. Serabi
Orang-orang mungkin lebih akrab dengan surabi, daripada serabi. Tapi jangan salah, makanan khas Solo ini nggak kalah enak (buat saya, sih, lebih enak) dari saudara Sunda-nya itu.
Serabi dan surabi adalah dua makanan yang serupa tapi tak sama. Kalau selama ini surabi bentuknya kecil, dengan kuah santan, maka serabi bentuknya besar, dan tanpa kuah santan. Justru santannya dimasak bersama serabi, alias serabi itu adonannya udah pake santan. Makanya makanan ini nggak bisa bertahan lebih dari 24 jam. Karena kalu lebih dari waktu segitu, bisa bau. Selain santannya yang manis, serabi juga punya ‘kulit’ di pinggir yang rasanya gurih banget (apalagi kalau agak gosong). Kulitnya tipiiiis, dan nggak crispy, tapi enak.
Yang paling enak adalah Serab Notosuman. Sesuai namanya, toko Serabi ini adanya memang di Notosuman. Tapi sekarang udah buka cabang seperti di Palur, Widuran, Stasiun Balapan, dll (saya agak lupa juga, soalnya lumayan banyak). Harga per serabi sekitar 1600-an. Kalau mau beli serabi ini, datengnya harus pagi atau siang, karena kalau sore udah habis.
Sebenernya saya pernah ketemu warung Serabi di Depok, cuman serabi yang dijual nggak banget. Yang dijual adalah serabi gopek-an (dan dijual dengan 1000). Kalau serabi model begitu emang udah terkenal nggak enak. Makanya waktu saya liat warung itu jual serabi dengan jenis yang begitu, saya udah nggak tertarik nyoba.
4. Sambal
Indonesians love sambal. Mungkin itu adalah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan salah satu karakter orang Indonesia. Dimana-mana ada sambal, dari Sabang sampai Merauke. Tapi buat saya sambal ulek selalu bikin kangen. Sambal ini adalah sambal yang diulek (ya, namanya juga sambal ulek), disajikan langsung di tempat ulek dari batu (saya nggak tau namanya apa. Tapi bisa dibayangin, kan?), dan diberi jeruk nipis. Sambal begini paling enak kalau dimakan bareng ikan bakar.
Bumbu sambel ini sebenernya udah umum banget. Cabe merah, bawang merah, terasi, dan garam. Cuman yang menentukan enak atau enggaknya adalah ‘tangan’ yang bikin. Makanya saya beruntung karena di rumah, ibu saya pinter banget bikin sambal model begini.

Nama-nama di atas adalah makanan-makanan yang selalu bikin saya pengen pulang kampung. Di Depok saya jarang banget ketemu makanan begitu. Kalaupun ketemu rasanya sangat diragukan. Untungnya sekarang saya lagi ulang kampung. Makanya mumpung di Solo, saya puas-puasin dulu icip-icip makanan kota sendiri.
Selamat Makan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar